expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

ASRAMA

ASRAMA
WELCOME!!! Haloo semuanya... Makasi udah mau mampir di blog ini. Ini nama kelompok Ilmu Sosial hehehe. Nama blog? Kalian pasti tanya-tanya apa sih artinya Asrama? Kenapa blog ini namanya Asrama? Jadi gini nihhh,, Asrama itu sebenernya singkatan dari "Apalah Arti Sebuah Nama yang Penting Kita Bersama". Hehehe Kenapa kita namain seperti itu? Karna tujuan blog ini adalah kebersamaan. Bersama berbagi informasi, pengetahuan. Intinya, entah siapapun nama kita, darimanapun budaya kita, yang penting kita bersama :)

Kamis, 19 Maret 2015

Indonesian Culture : BALI

     1. BALI  


        Bali adalah sebuah pulau dan propinsi di Indonesia. Daerah Bali memiliki luas 5,632.86 km2 yang terbagi atas delapan kabupaten. Masing-masing kabupaten terbagi dalam kecamatan-kecamatan yang seluruhnya berjumlah 50 buah di dalamny tercakup 546 buah desa dinas, sedangkan desa adatya berjumlah 1456 buah yang terdiri dari 3627 banjar adat.

Gambar 1.1 Lokasi Bali


   2. Tradisi

  • Upacara Ngaben di Bali

Gambar 2.1 Upacara Ngaben

       Tentu sebagian besar masyarakat Bali telah familiar dengan Upacara Ngaben. Upacara Ngaben adalah upacara pembakaran jenazah di Bali. Untuk masyarakat Bali melalui pembakaran jenazah jiwa dapat dilepaskan dari dunia sementara untuk mendapatkan kehidupan setelah kematian. Pada kematian tubuh harus dibakar oleh api karena jiwa harus kembali pada lima elemen yang dikenal dengan Panca Maha Buta (bumi, angin, api, air dan eter)  hal ini bertujuan untuk mengirim jiwa pada kehidupan setelah kematian.
       Upacara pembakaran jenazah di Bali sangat mahal dan mewah. Lebih tinggi status seseorang, semakin mewah dan megah dekorasi yang dibutuhkan lebih tinggi. Oleh karena itu, jenazah harus di kubur sembari mengumpulkan dana yang cukup untuk upacara ngaben.



  •  Mageret Pandan

Gambar 2.2 Mageret Pandan


          Tradisi sakral Bali Aga ini menggunakan pandan berduri dan sangat tajam ini, Tradisi Mageret pandan atau Perang Pandan (Mekare-kare) dilakukan selama tiga hari dan tradisi ini merupakan sarana latihan ketangkasan seorang prajurit dalam masyarakat Tenganan sebagai penganut Agama Hindu aliran Dewa Indra sebagai Dewa Perang. Dalam pertandingan Mageret Pandan tidak ada yang menang dan kalah. Apabila ada yang terluka karena goresan pandan akan diobati dengan obat yang telah disediakan yang berasal dari cuka kunir dan isen.




  • Omed-Omedan
         
Gambar 2.3 Omed-Omedan
  







Tradisi Omed-Omedan merupakan festival ciuman massal yang diadakan setelah Hari Raya Nyepi di Bali yang diadakan setahun sekali. Festival dimulai dengan doa di Banjar dan semua peserta harus mengikuti prosesi agar lancar dan keselamatan saat berciuman. Pada saat berdoa orang-orang muda dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama kelompok laki laki, dan yang lainnya adalah kelompok perempuan.







     3. Tempat Terkenal di Bali 







3 komentar:

  1. Halo Rania, post kamu tentang Bali pasti sangat berguna bagi orang banyak. tapi kamu kurang menambahkan sedikit sumber dari binusmaya agar informasinya kelihatan lebih lengkap. tapi over all bagus lagunya :) aku kasih nilai 80 ya

    BalasHapus
  2. Hi Rania :) blog yang kamu post ini sangat bermanfaat dan sangat menarik untuk di baca karena kamu mengambil budaya Bali, tapi sayang kamu kurang mengambil sumbernya dari Bnus Maya agar informasi itu lebih lengkap lagi.. Aku kasih nilai kamu 80 :D

    BalasHapus
  3. hallooo Laura & April makasih yaa saran dan nilainyaa :D

    BalasHapus