expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

ASRAMA

ASRAMA
WELCOME!!! Haloo semuanya... Makasi udah mau mampir di blog ini. Ini nama kelompok Ilmu Sosial hehehe. Nama blog? Kalian pasti tanya-tanya apa sih artinya Asrama? Kenapa blog ini namanya Asrama? Jadi gini nihhh,, Asrama itu sebenernya singkatan dari "Apalah Arti Sebuah Nama yang Penting Kita Bersama". Hehehe Kenapa kita namain seperti itu? Karna tujuan blog ini adalah kebersamaan. Bersama berbagi informasi, pengetahuan. Intinya, entah siapapun nama kita, darimanapun budaya kita, yang penting kita bersama :)

Rabu, 20 Mei 2015

Human Life Domain 2



Human Life Domain 2 : Education, Health, Environment
1.      Education
1.1             Sociological Perspectives on Education
Menurut pandangan fungsionalis, fungsi manifest meliputi transmisi pengetahuan, dan penganugrahan status, sedangkan fungsi laten meliputi budaya transmisi, mempromosikan integrasi sosial dan politik, mempertahankan kontrol sosial, dan melayani sebagai agen perubahan.
Untuk pandangan konflik, pendidikan merupakan instrumen dominasi elit, dan sekolah mengsosialisasikan siswa menjadi nilai yang ditemtukan dari kekuatan.
·         The Hidden Curriculum
Standar perilaku yang dianggap tepat oleh masyarakat diajarkan halus di sekolah.
·         Credentialism
Peningkatan tingkat terendah pendidikan yang dibutuhkaan untuk memasuki lapangan.
1.2             School as Formal Organizations
Weber mencatat lima karakteristik birokrasi, yaitu pembagian kerja, hirarki kewenangan, aturan dan peraturan tertulis, impersonality, dan pekerjaan berdasarkan kualifikasi teknis.
Guru merupakan karyawan dan instruktur untuk murid. Tugas-tugas akademik dari guru telah menjadi lebih khusus. 20% guru baru berhenti dalam waktu 3 tahun. Dan sedikit siswa yang memilih untuk mengajar sebagai karir mereka karena dianggap memiliki penghasilan yang rendah.
Selain sekolah formal, ada juga sekolah yang dilakukan dirumah (homeschooling). Tercatat lebih dari 1,6 juta anak-anak homescooling. Homeschooling merupakan alternatif yang baik untuk anak-anak ADHD dan LD. Dan penelitian pun menunjukkan anak-anak homeschooling memiliki skor yang lebih tinggi pada test standard.

2.      Health and Environment
Kesehatan: Negara dengan fisik lengkap, mental, dan kesejahteraan sosial, bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan. Kesehatan dibangun secara sosial dan kita bisa melihatnya dalam konteks sosial.

2.1             Social Epidemiology and Health
·         Epidemiologi Sosial : Studi distribusi penyakit, gangguan, dan status kesehatan umum di seluruh populasi.
·         Insiden : Jumlah kasus baru tentang gangguan spesifik yang terjadi dalam populasi tertentu selama jangka waktu tertentu.
·         Prevalensi : Jumlah kasus gangguan tertentu ada pada waktu tertentu.
·         Morbiditas : Angka kejadian penyakit disajikan sebagai tingkat atau jumlah laporan per 100.000 orang.
·         Tingkat kematian : Insiden kematian pada populasi tertentu.

2.2             Theoritical Models of Mental Disorders
·         Model Medis : Penyakit mental yang berakar pada penyebab biologis yang dapat diobati melalui intervensi medis.
·         Teori Pelabelan : Penyakit mental bukanlah penyakit karena masalah individu muncul dari hidup di masyarakat.

2.3             Conflict View of Environment
·         Modernisasi Ekologi : Penyelarasan praktek menguntungkan lingkungan dengan ekonomi kepentingan melalui adaptasi konstan dan restrukturisasi.
·         Keadilan Lingkungan : Klaim hukum yang minoritas ras yang tidak proporsional terkena bahaya lingkungan.

2.4             Environmental Problems :
·         Polusi Udara
·         Polusi Air
·         Global Warming

2.5             The Impact of Globalization
Globalisasi dapat berdampak positive dan negative bagi lingkungan. Industrialisasi menyebabkan meningkatnya polusi. Perusahaan multinasional memiliki insentif untuk hati-hati dalam mempertimbangkan biaya sumber daya alam. Pengungsi lingkungan merupakan salah satu refleksi dari interaksi antara globalisasi dan lingkungan.

Sumber :
Power Point Binus Maya Human Life Domain 2 : Education, Health, Environment (Diunduh pada tanggal 20 Mei 2015)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar