Human
Life Domain 2 : Education, Health, Environment
1.
Education
1.1
Sociological Perspectives on
Education
Menurut pandangan fungsionalis,
fungsi manifest meliputi transmisi pengetahuan, dan penganugrahan status,
sedangkan fungsi laten meliputi budaya transmisi, mempromosikan integrasi
sosial dan politik, mempertahankan kontrol sosial, dan melayani sebagai agen
perubahan.
Untuk pandangan konflik, pendidikan
merupakan instrumen dominasi elit, dan sekolah mengsosialisasikan siswa menjadi
nilai yang ditemtukan dari kekuatan.
·
The Hidden Curriculum
Standar
perilaku yang dianggap tepat oleh masyarakat diajarkan halus di sekolah.
·
Credentialism
Peningkatan
tingkat terendah pendidikan yang dibutuhkaan untuk memasuki lapangan.
1.2
School as Formal Organizations
Weber mencatat lima karakteristik birokrasi,
yaitu pembagian kerja, hirarki kewenangan, aturan dan peraturan tertulis,
impersonality, dan pekerjaan berdasarkan kualifikasi teknis.
Guru merupakan karyawan dan
instruktur untuk murid. Tugas-tugas akademik dari guru telah menjadi lebih
khusus. 20% guru baru berhenti dalam waktu 3 tahun. Dan sedikit siswa yang
memilih untuk mengajar sebagai karir mereka karena dianggap memiliki
penghasilan yang rendah.
Selain sekolah formal, ada juga
sekolah yang dilakukan dirumah (homeschooling). Tercatat lebih dari 1,6 juta
anak-anak homescooling. Homeschooling merupakan alternatif yang baik untuk
anak-anak ADHD dan LD. Dan penelitian pun menunjukkan anak-anak homeschooling
memiliki skor yang lebih tinggi pada test standard.
2.
Health and Environment
Kesehatan:
Negara dengan fisik lengkap, mental, dan kesejahteraan sosial, bukan hanya
tidak adanya penyakit dan kelemahan. Kesehatan dibangun secara sosial dan kita
bisa melihatnya dalam konteks sosial.
2.1
Social Epidemiology and Health
·
Epidemiologi Sosial : Studi distribusi
penyakit, gangguan, dan status kesehatan umum di seluruh populasi.
·
Insiden : Jumlah kasus baru tentang
gangguan spesifik yang terjadi dalam populasi tertentu selama jangka waktu
tertentu.
·
Prevalensi : Jumlah kasus gangguan
tertentu ada pada waktu tertentu.
·
Morbiditas : Angka kejadian penyakit
disajikan sebagai tingkat atau jumlah laporan per 100.000 orang.
·
Tingkat kematian : Insiden kematian
pada populasi tertentu.
2.2
Theoritical Models of Mental
Disorders
·
Model Medis : Penyakit mental yang
berakar pada penyebab biologis yang dapat diobati melalui intervensi medis.
·
Teori Pelabelan : Penyakit mental
bukanlah penyakit karena masalah individu muncul dari hidup di masyarakat.
2.3
Conflict View of Environment
·
Modernisasi Ekologi : Penyelarasan
praktek menguntungkan lingkungan dengan ekonomi kepentingan melalui adaptasi
konstan dan restrukturisasi.
·
Keadilan Lingkungan : Klaim hukum
yang minoritas ras yang tidak proporsional terkena bahaya lingkungan.
2.4
Environmental Problems :
·
Polusi Udara
·
Polusi Air
·
Global Warming
2.5
The Impact of Globalization
Globalisasi dapat berdampak positive dan negative
bagi lingkungan. Industrialisasi menyebabkan meningkatnya polusi. Perusahaan
multinasional memiliki insentif untuk hati-hati dalam mempertimbangkan biaya
sumber daya alam. Pengungsi lingkungan merupakan salah satu refleksi dari
interaksi antara globalisasi dan lingkungan.
Sumber :
Power Point Binus Maya Human Life Domain 2 : Education,
Health, Environment (Diunduh pada tanggal 20 Mei 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar