expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

ASRAMA

ASRAMA
WELCOME!!! Haloo semuanya... Makasi udah mau mampir di blog ini. Ini nama kelompok Ilmu Sosial hehehe. Nama blog? Kalian pasti tanya-tanya apa sih artinya Asrama? Kenapa blog ini namanya Asrama? Jadi gini nihhh,, Asrama itu sebenernya singkatan dari "Apalah Arti Sebuah Nama yang Penting Kita Bersama". Hehehe Kenapa kita namain seperti itu? Karna tujuan blog ini adalah kebersamaan. Bersama berbagi informasi, pengetahuan. Intinya, entah siapapun nama kita, darimanapun budaya kita, yang penting kita bersama :)

Rabu, 27 Mei 2015

Globalization, Technology, Mass Media, and Social Change



Globalization, Technology, Mass Media, and Social Change
1.      Social Change
1.1 Theories of Social Change
-          Teori Evolusioner
Memandang masyarakat sebagai bergerak ke arah yang pasti, umumnya maju ke keadaan yang lebih tinggi.
Comte melihat masyarakat manusia sebagai bergerak maju dalam pemikiran mereka dari mitologi dengan metode ilmiah.
Durkheim dipelihara masyarakat berkembang dari yang sederhana sampai bentuk yang lebih kompleks organisasi sosial.

-          Teori Fungsionalis
Focus pada apa yang membuat mempertahankan system, bukan apa perubahan itu.
Model keseimbangan: Sebagai perubahan terjadi di salah satu bagian dari masyarakat, harus ada penyesuaian di bagian lain.
Parsons’ four processes of social change : diferensiasi, update adaptif, penyertaan, nilai generalisasi.

-          Teori Konflik
Perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan sosial dan ketidaksetaraan.
Marx berpendapat bahwa dengan evolusi sosial, setiap tahapan tidak perbaikan yang tak terelakkan selama sebelumnya.




1.2 Global Social Change
Perubahan sosial tidak selalu mengikuti periode disintegrasi internal. Waktu yang dramatis dalam sejarah untuk mempertimbangkan perubahan sosial global.
1.3 Resistance of Social Change
-          Faktor Ekonomi dan Budaya
Upaya untuk mempromosikan perubahan sosial cenderung untuk bertemu dengan resistensi.
-          Minat Vested: orang atau kelompok yang akan menderita dalam hal perubahan sosial.
-          Budaya Lag: periode ketidakmampuan ketika budaya nonmaterial masih berjuang untuk beradaptasi dengan kondisi materi baru.

2.      Technology and the Future 

 
Gambar 1. Technology

 
Informasi tentang bagaimana menggunakan sumber daya material dari lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

2.1 Computer Technology
Dekade terakhir menyaksikan ledakan teknologi komputer di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

2.2 Biotechnology
Memegang sendiri sebagai sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi manusia, tetapi membutuhkan pemantauan konstan. Dapat memungkinkan untuk mengubah hewan dan juga perilaku manusia.


2.3 Social Politicy and Social Change
Transnasional : Imigran yang mempertahankan beberapa hubungan sosial yang menghubungkan masyarakat asal mereka dengan masyarakat pemukiman.

3.      Mass Media 

 
Gambar 2. Mass Media


3.1 Fungsionalist View
• Enforcer of Social Norms
Media menegaskan kembali perilaku yang tepat dengan menunjukkan apa yang terjadi pada orang-orang yang melanggar harapan masyarakat.
• Conferral of Status
Salah satu dari ribuan masalah yang sama ditempatkan atau orang lain untuk menjadi signifikan.
• Promotion of Consumption
Media advertising dapat mendukung ekonomi, memeberikan informasi, dan polis biaya dari media.
• Surveillance of the Social Environment
Surveillance Function : Pengumpulan dan distribusi informasi mengenai kejadian di lingkungan sosial.
• Dysfunction : The Narrcotizing Effect
Narcotizing Dysfunction : Fenomena dimana media memberikan sejumlah besar seperti informasi audiens yang menjadi mati rasa dan gagal untuk bertindak atas informasi.

3.2 Conflict View
• Gatekeeping : Bagaimana bahan harus melakukan perjalanan melalui serangkaian pemeriksaan sebelum mencapai publik.
• Dominant ideology : Mengatur keyakinan dan praktik budaya yang membantu untuk mempertahankan kepentingan sosial, ekonomi, dan politik yang kuat.
•Stereotypes : Generalisasi tidak dapat diandalkan tentang semua anggota kelompok yang tidak mengakui perbedaan individu dalam kelompok.

3.3 Feminist View
Feminis berbagi pandangan konflik teori bahwa stereotip media massa menggambarkan realitas sosial. Dan wanita juga kurang terwakili.

3.4 The Audience
Peran dari penonton yaitu sebagai pemimpin opini intrik penelitian sosial
·         Opinion leader : Seseorang yang melalui hari-hari kontak pribadi dan komunikasi, pengaruh pendapat dan keputusan orang lain.
·         Audience behavior
Respon sering dipengaruhi oleh karakteristik sosial yaitu pendudukan, ras, pendidikan, dan juga pendapatan.
Sumber : Power Point Binus Maya Globalization, Technology, Mass Media, Social Change (Diunduh pada tanggal 27 Mei 2015)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar